Sosialisasi Standar Operasional Prosedur Rudenim Dan Peningkatan Pemahaman Mengenai Ham Dalam Pendetensian

  • Kamis, 13 Februari 2020 - 14:07:21 WIB
  • Administrator

Pada hari ini senin tanggal 09 Juni 2014 UNHCR ( United Nations Commissioner for Refugees) datang ke Rumah Detensi Imigrasi Denpasar guna melakukan Interview terhadap 10 orang deteni yang berada di Rumah Detensi Imigrasi Denpasar dalam sehari dipanggli 3 orang deteni. Tujuan dari Interview adalah untuk mendapat kepastian bahwa deteni yang bersangkutan mendapat sertifikat Refugees atau tidak bagi para deteni pencari suaka. Interview ini dilakukan di ruang Aula Rudenim Denpasar di awasi oleh salah satu staff dari penjagaan dan satu orang petugas security dari UNHCR. Setelah selesai di Interview para deteni kembali di bawa ke ruang Detens
Kegiatan sosialisasi merupakan salah satu acara atau upaya yang dilakukan oleh suatu organisasi, instansi atau lembaga untuk menyebarkan atau memberikan informasi kepada organisasi, instansi ataupun informasi - informasi lainnya. Salah satu kegiatan sosialisasi yang telah diikuti oleh sebagian besar pegawai pada Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada tanggal 16 dan 17 Juni 2014 adalah sosialisasi mengenai Standar Oprasional Rudenim dan peningkatan HAM dalam pendetensian. Kegiatan ini dilaksanakan di Harris Hotel bukit jimbaran yang beralamat di Jln. Raya Uluwatu 200x ungasan kuta selatan jimbaran Bali. Diadakannya kegiatan ini adalah merupakan kerjasama antar pihak Direktorat Jenderal Imigrasi dengan pihak IOM, peserta dari kegiatan ini terdiri dari perwakilan Divisi Keimigrasian 2 (dua) orang, Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus Ngurah Rai 5 (lima) orang, Kantor Imigrasi Kelas 1 Denpasar 2 (dua) orang, Rumah Detensi Imigrasi Denpasar 34 (tiga puluh empat) orang dan dari pihak IOM Bali sebanyak 2 (dua) orang.
Pembukaan kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2014 Pukul 08.00 wita oleh Bapak Kepala Divisi Keimigrasian Tieldwight Sabaru,SH  dan dilanjutkan pemberian materi oleh beberapa narasumber yaitu :
 
1 Bapak Agus Salim Siregar,SH (Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar) yang memberikan materi tentang SOP I, Pendetensian, pelayanan Deteni, penjatuhan sanksi pelanggaran tata tertib, pemindahan Deteni, pemulangan dan Deportasi.
2 Bapak Surya Pranata,SH.MH (Kepala Rumah Detensi Imigrasi Pusat Tanjung Pinang) memberikan materi tentang SOP II, Prosedur penanganan Kelahiran, Kematian, Pelanggaran, Mogok makan, Pemeriksaan Kesehatan Deteni dan Penanganan Deteni Melarikan Diri.
3 Bapak Achmad Khumiadi,Amd.IM,MPA (Fungsional Umum Sub bag TU Dit. Dikdakim) memberiakan materi tentang HAM dalam Pendetensian Keimigrasian
4 Bapak Achmad Turmuzi,ST (Sistik) memberikan materi tentang aplikasi Pendetensian dalam E-Office di Rudenim.
Dalam kegiatan sosialisasi hari 1 (pertama) minat peserta mengikutinya cukup besar dengan adanya banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Kegiatan sosialisasi hari 1 (pertama) ditutup pada pukul 16.30 Wita oleh Ibu Ni Wayan Sariati,SH Kepala Sub Bag TU Rumah Detensi Imigrasi Denpasar.
Kegiatan sosialisasi hari ke 2 (dua) pada tanggal 17 Juni 2014 dilanjutkan dengan peserta yang berbeda, namun narasumber dan materi yang di berikan pada hari ke 2 (dua) masih tetap sama dengan hari 1 (pertama). Dalam kegiatan sosialisasi  hari ke 2 (dua) pun diikuti oleh peserta dengan cukup antosias, ditandai dengan banyaknya pertanyaan yag diajukan peserta kepada narasumber. Dan ahirnya kegiatan sosialisasi ditutup pada pukul 16.00 Wita oleh Bapak Agus Salim Siregar,SH Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar.
Dengan telah diadakannya kegiatan sosialisasi dimagsud, banyak manfaat serta ilmu yang dapat kami peroleh khususnya bagi kami yang bekerja pada Rumah Detensi Imigrasi Denpasar, salah satunya adalah adanya pemahaman mengenai Standar Oprasional Prosedur Rudenim, HAM dalam pendetensian dan aplikasi Pendetensian dalam E-Office di Rudenim yang nantinya dapat kami jadikan acuan dalam melaksanakan tugas pada Rumah Detensi Imigrasi Denpasar.
 
20140616_084539
 IMG-20140616-00550
 20140616_083227
 IMG-20140616-00553
 20140617_155502
 

  • Kamis, 13 Februari 2020 - 14:07:21 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya