Rudenim Denpasar Deportasi Imigran Asal Afrika Selatan dari Bali

  • Jumat, 14 Februari 2020 - 12:54:18 WIB
  • Administrator
Rudenim Denpasar Deportasi Imigran Asal Afrika Selatan dari Bali

Buletin Dewata, Badung.

Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar menangkap dan mendeportasi Warga Negara Asing (WNA) asal Afrika Selatan, Craig Anthony Pape (50) karena tidak dapat menunjukkan dokumen keimigrasiannya yang sah dan masih berlaku kepada Petugas Imigrasi, Kamis (27/6).

“Paspor saya masih terlihat saat saya masih menginap di Inna Bali Beach sekitar Maret 2019. Pada tanggal 11 Maret 2019 terjadi kejadian bahwa saya ditemukan tidak sadarkan diri di dalam kamar Hotel. Pihak Hotel membawa saya ke Rumah Sakit Bali Mandara untuk dirawat sampai tanggal 18 Maret 2019. Saya baru sadar bahwa paspor saya telah hilang, pihak Hotel dan Rumah Sakit tidak melihat paspor saya. Kemudian saya lapor ke polisi karena paspor saya hilang” tutur Craig saat diperiksa petugas Imigrasi

Setelah melewati batas waktu pendentensian di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Craig dikawal petugas menuju Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar dan dilakukan serah terima deteni sesuai dengan SOP yang berlaku mulai dari pengecekan berkas, barang bawaan deteni, memeriksa kesehatan deteni dan penggeledahan deteni. Selama berada di Rudenim Denpasar Craig cukup kooperatif dan tidak melakukan pelanggaran yang berat.

 Pelaksanaan deportasi belum dapat dilaksanakan karena yang bersangkutan belum mendapatkan ETC (Emergency Travel Certificate) dan tiket pulang ke Negara asalnya. Rudenim Denpasar melakukan koordinasi dan membantu Craig melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Afrika Selatan di Jakarta dalam rangka penerbitan ETC pada Senin (24/06/2019), dengan pengawalan 3 orang Petugas dari Rudenim Denpasar. ETC tersebut berguna sebagai pemenuhan kelengkapan dokumen pendeportasian deteni.

Setelah berkas lengkap, pada Kamis (27/06/2019) Rudenim Denpasar pun segera mendeportasi Craig melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan 5 orang petugas pengawalan yang dikoordinir Kasubsi Administrasi dan Pelaporan, I Nyoman Sutisna.

Petugas mengantarkan Craig sampai di Pintu Gerbang Keberangkatan (6B) dan selanjutnya diterbangkan dengan maskapai Jet Star JQ116 dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. “Terima kasih Rudenim Denpasar karena telah membantu saya untuk kembali ke Afrika Selatan” pungkas Craig Anthony Pape dengan wajah sumringah.(rdm)

Sumber: http://www.buletindewata.com/berita-daerah/2019/06/30/12733/rudenim-denpasar-deportasi-imigran-asal-afrika-selatan-dari-bali.html

  • Jumat, 14 Februari 2020 - 12:54:18 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya