WNA Perancis Pembuat Resah Masyarakat Dideportasi Rudenim Denpasar

  • Senin, 13 Juli 2020 - 20:42:31 WIB
  • Niti Kusuma Dewi
WNA Perancis Pembuat Resah Masyarakat Dideportasi Rudenim Denpasar

MANGUPURA(13/7/2020)Pihak Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Denpasar telah mendeportasi MM(24) Warga Negara Russia dengan menggunakan maskapai Rossiya Airlines dengan Nomor Penerbangan SU6269 melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali dengan tujuan penerbangan ke Russia.
Kepala Rudenim Denpasar, Bapak Onward Victor M.L Toruan mengatakan, MM(24) merupakan deteni serah terima dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar kepada Rumah Detensi Imigrasi Denpasar pada 7 Juli 2020 untuk dilakukan pendetensian sambil menunggu proses kepulangan ke negara asalnya. MM(24) telah melanggar Pasal 75 Ayat 1  UU No.6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian.
MM(24) tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Bulan Februari dengan menggunakan visa kunjungan dengan tujuan berlibur.  Di Bali ia bekerja sebagai Marketing Online lepas di sosial media (Instagram) sejak tahun 2014. Namun, pada bulan Januari, ia berhenti bekerja karena ibunya meninggal. “Saya aktif sebagai Marketing Online lepas di Instagram dan penghasilan saya per project sebesar 1500 USD dan biasanya saya mendapat tiga project dalam satu bulan.”ujarnya.
MM(24) sebelumnya dilaporkan oleh Pemilik Slumber Party Hostel karena yang bersangkutan tidak memiliki tempat tinggal dan tidak memiliki uang. MM(24) dilaporkan sering melakukan Tindakan yang meresahkan dan sering melakukan tindakan membuat hutang diwarung sekitar Slumber Party Hostel.
Dalam kegiatan pendeportasiannya,MM(24) dikawal oleh 2 orang petugas pengawalan yang dikoordinir oleh Kepala Sub Seksi Administrasi dan Pelaporan, I Nyoman Sutisna melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Petugas mengantarkan Vladimir sampai di Pintu Keberangkatan 2 (dua). 
"Walaupun deteni tersebut bersalah melakukan tindakan administrasi keimigrasian di wilayah kita, tapi kita harus memperlakukannya sesuai SOP yang berlaku dan berkinerja berlandaskan Hak Asasi Manusia,"ujar Karudenim Denpasar, Bapak Onward Victor M.L Toruan.
Rudenim Denpasar merupakan salah satu pilar dari Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI yang mempunyai fungsi sebagai tempat penampungan para warga negara asing yang menyalahgunakan izin keimigrasiannya untuk menunggu kepulangan/deportasi ke negaranya.

  • Senin, 13 Juli 2020 - 20:42:31 WIB
  • Niti Kusuma Dewi

Berita Terkait Lainnya