Tingkatkan Pengawasan Keimigrasian Terhadap Pengungsi Dan Pencari Suaka Dari Luar Negeri, Rudenim Denpasar Temukan Satu Pencari Suaka WN Venezuela dan Bangun Sinergi Dengan Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Bali dan Kodim 1619 Tabanan.

  • Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:50:41 WIB
  • Administrator
Tingkatkan Pengawasan Keimigrasian Terhadap Pengungsi Dan Pencari Suaka Dari Luar Negeri, Rudenim Denpasar Temukan Satu Pencari Suaka WN Venezuela dan Bangun Sinergi Dengan Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Bali dan Kodim 1619 Tabanan.

Jumat (14/01) Rudenim Denpasar melakukan pendataan dan pengawasan keimigrasian terhadap pengungsi dan pencari suaka mandiri dari luar negeri. Mengawali kegiatan tersebut empat petugas tim pengawasan yaitu oleh Analis Keimigrasian Ahli Muda, Kepala Urusan Umum, Pengolah Data Keimigrasian dan Penyusun Laporan Keuangan menyambangi Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Bali. Dalam kesempatan itu petugas Rudenim Denpasar menyampaikan maksud tugas dan fungsi Rudenim yang selain melakukan pendetensian dan pendeportasian juga memiliki tugas pengawasan keimigrasian terhadap pengungsi dan pencari suaka berdasarkan Peraturan Presiden No.125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi. Selain itu petugas menyampaikan bahwa jika sekiranya dari pihak Dinsos menemukan orang asing yang diduga sebagai pencari suaka dapat berkoordinasi lebih lanjut dengan Rudenim Denpasar namun tidak dapat didetensi dikarenakan Rudenim sudah tidak lagi sebagai tempat penampungan pencari suaka / pengungsi. Selain itu tim juga menyampaikan jika pihak Dinsos ingin mendapatkan data mendetail terkait pengungsi di Indonesia dapat mempedomani Surat  dari Kementerian Luar Negeri Up. Direktorat Jenderal Kerjasama Multilateral RI perihal Tindak Lanjut MoU dan Data Sharing  antara Pemerintah Indonesia Dengan UNHCR Indonesia.Kasi Rehabilitasi Sosial Tuna Sosial ibu Nyoman Wariati, S.H., M.H. menyambut baik kedatangan tim Rudenim dan menerima informasi tersebut dan akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Rudenim jika menemukan orang asing yang diduga sebagai pencari suaka / pengungsi.

Selanjutnya tim beranjak menuju Kodim Tabanan 1619 untuk berkoordinasi tentang adanya keberadaan pencari suaka di wilayah Tabanan dan akan melakukan pengawasan keimigrasian terhadap orang asing tersebut sesuai Perpres No. 125 Tahun 2016. Dalam kaitan yang sama petugas juga menyampaikan jika pihak Kodim ataupun instansi terkait membutuhkan data nama, alamat pencari suaka di Bali khususnya dapat mengacu pada Surat  dari Kementerian Luar Negeri Up. Direktorat Jenderal Kerjasama Multilateral RI perihal Tindak Lanjut MoU dan Data Sharing  antara Pemerintah Indonesia Dengan UNHCR Indonesia. Di sela-sela kegiatannya Perwira Seksi Intel dan Perwira Seksi Pers Kodim 1619, Kapten I Wayan Supardi  menyambut baik kedatangan tim Rudenim dan siap berkoordinasi kedepannya dalam hal penanganan pencari suaka dan pengungsi tersebut.  Diharapkan dengan koordinasi yang sinergis ini terwujudnya persamaan persepsi dari para instansi terkait dalam penanganan pengungsi dari luar negeri sesuai regulasi yang ada.

Selanjutnya petugas bergerak untuk mendalami informasi adanya pencari suaka yang berada di daerah Jl. Pantai Nyanyi – Tabanan, setelah didatangi dan dikonfirmasi ulang bahwa benar adanya satu warga negara pencari suaka Venezuela yang pernah tinggal disana namun yang bersangkutan ternyata sudah pindah di daerah Buduk, Mengwi – Badung. Lalu petugas melakukan penelusuran lebih lanjut dan akhirnya menemukan pencari suaka yang dicari. FYVZ, laki-laki 41 tahun tersebut mengaku datang ke Bali pada 2019 dan mengajukan diri sebagai pencari suaka dikarenakan kondisi keamanan, politik dan finansial di negara asalnya yang semakin memburuk. Setelah dicocokkan data lebih lanjut petugas menyampaikan agar kepada yang bersangkutan agar tetap mematuhi peraturan keimigrasian secara khusus dan seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengarahkan agar yang bersangkutan datang ke Rudenim Denpasar untuk dilakukan perekaman biometrik dan registrasi dalam Sistem Manajemen Informasi Keimigrasian (SIMKIM).

  • Sabtu, 15 Januari 2022 - 07:50:41 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait